Cara Ampuh Mengatasi Sembelit Pada Bayi

05.02

Sembelit atau jika dalam istilah medis biasa disebut dengan konstipasi tidak selalu menyerah orang-orang dewasa, namun pada bayi pun banyak terjadi. Pencernaan bayi yang sehat adalah ketika bayi tersebut buang air besar (BAB) dengan teratur. Jika sembelit telah menyerah bayi, biasa nya para orang tua akan sedikit kebingungan untuk mengatasinya. Tidak seperti orang dewasa yang mengalami, hanya cukup dengan meminum obat-obatan kimia maupun alami biasanya sudah dapat teratasi. Namun jika mengatasi sembelit pada bayi, kita tidak bisa begitu saja mengandalkan obat-obatan untuk mengobati konstipasi, dikarenakan pencernaan dari bayi itu sendiri masih lemah sehingga kita harus bisa memperhatikan aspek keamanannya.

Tanda Bayi Terkena Sembelit

Pertama-tama untuk mengobati sembelit pada bayi, anda harus memperhatikan apakah bayi benar-benar sedang mengalami konstipasi. Maka dari itu anda bisa mencermati ciri-ciri serta tanda bahwa memang terjadi sembelit pada bayi.
  • Buang air besar jarang dari biasanya, terlebih jika bayi sudah tidak buang air selama 3 hari atau bahkan lebih.
  • Buang ari besar dengan tinja yang keras, kering serta sulit dikeluarkan (tidak peduli seberapa sering)
  • Telihat kesulitan pada saat Buang air besar (bisa ditandai dengan suara mengedan keras)

Baca juga: Puasa Bisa Sebagai Obat Untuk Penghambat Pertumbuhan Kanker

Konstipasi biasanya sangat erat kaitannya dengan makanan serta minuman yang dikonsumsi. Sehingga tidak heran sembelit pada bayi sering terjadi dikarenakan makanan yang padat. Selain itu aktifitas fisik serta pola makan juga mempengaruhi.
Maka dari itu, sangat disarankan untuk memperhatikan asupan makanannya. Bagi bayi yang meminum susu formula dan memakan makanan padat, pada normalnya buang air besar paling tidak sehari satu kali. Sedangkan jika bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif tidak memiliki batasan normalnya, sebab bayi dengan susu ASI eksklusif tidak akan mengalami sembelit.

Lalu apa yang bisa orang tua lakukan jika anak bayi sembelit?, berikut ini merupakan cara yang bisa menyembuhkan sembelit pada bayi.

Cara Mengobati  Sembelit Pada Bayi

Latihan Fisik

apabila bayi sudah dapat berjalan maka ajarilah dia untuk lebih aktif dalam beraktifitas. Jika dia tidak mau merangkak, maka ajaklah untuk menggerakkan kakinya sebagaimana sedang mengayuh sepeda.

Pijat Perut

Ukurlah oleh anda dengan tiga jari dari bawah pusar sebelah sisi kiri perut. Kemudian tekan-tekan dengan lembut namun tegas dari daerah tersebut dengan ujung jari anda. Jagalah tekanan agar tetap konstan namun lembut selama kurang lebih 3 menitan.

Berikan sedikit jus buah kedalam susu formula (Jika bayi berusia minimal 4 bulan)

Umumnya, memang tidak perlu memberikan jus pada bayi. Tetapi jika sedikit tidak apa-apa untuk membantu meringankan konstipasi. Maka dari itu cobalah jus apel atau pir (ingat hanya sedikit).

Minum Air yang cukup

Pastikan bayi anda mendapaktan cukup cairan, baik itu melalui susu formula, ASI dan air mineral. Jauhi makanan yang berpotensi menyebabkan sembeli lainnya seperti pisang, buah salak, wortel yang dimasak serta nasi keras.

Beri beberapa sendok bubur

Cobalah untuk memberinya sedikit bubur. Bubur yang dimaksud bisa berupa bubur pepaya atau pir yang berguna untuk melancarkan buang air besar. anda dapat membicarakan dengan dokter untuk alternatif pengobatan lainnya. Misalkan menggunakan pelunak feses yang biasa dijual. ingat! Jangan pernah memberikan obat sembelit maupun pencahar jika tanpa persetujuan dokter.

0 komentar