Dampak Negatif Jika Sering Berhayal atau Melamun

05.19
Dampak Negatif Jika Sering Berhayal atau Melamun

Melamun ataupun berhayal merupakan hal yang wajar bagi kita sebagai manusia biasa. Mungkin jika sepintas hal itu terasa normal dan wajar, Tapi tahukah anda jika terlalu sering atau berhayal maupun bengong secara berlebih akan menimbulkan dampak negatif yang bisa mengganggu kesehatan mental anda?. Orang-orang yang seperti itu biasanya akan lebih sensitif, maka dari itu jika anda memiliki teman dengan individu yang sering menyendiri, berhayal, atau bahkan sering memukul tembok dan berteriak secara berlebihan, maka janganlah sesekali untuk membentak, mencaci maki, atau menyuruh-nyuruh karena bisa saja batinnya menjadi lebih kacau.

Jika berbicara mengenai kesehatan mental sepertinya akan cukup panjang. Namun secara singkat bisa kita simpulkan, kesehatan mental adalah suatu keadaan yang mana seseorang tidak memiliki rasa bersalah pada dirinya sendiri, mempunyai estimasi yang realistis dari dirinya sendiri serta bisa menerima kekurangan maupun kelemahan yang ia miliki.

Banyak pandangan yang berpendapat mengenai kesehatan mental. Seperti salah satunya Michael dan Kirk Patrick, menerangkah bahwa individu yang sehat secara mentalnya jika terbebas dari gejala psikiatris dan individu tersebut berfungsi dengan optimal pada lingkungan sosial.

Baca juga: Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak

Itulah sebagian dampak besar yang bisa merusak mental anda. Lalu pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa dampak lainnya yang diakibatkan berhayal atau bengong. Apa saja diantaranya? Berikut kami sampaikan.

1. Kehilangan Konsentrasi

Jika anda seorang yang sedang melamun, pastinya hal ini sering kali anda alami. Melamun atau bengong akan menghilangkan konsentrasi utama pada diri anda. Contoh kecil nya jika kita sedang berkumpul kemudian orang yang disamping anda berbicara dengan anda, maka anda pun tidak akan bisa menangkap informasi yang disampaikan karena anda melamun dan kehilangan konsentrasi.

2. Malas

Jika anda telalu asik dengan melamun, maka tak heran jika rasa malas menyelimuti diri anda. Rasa malas yang timbul bisa meliputi pada kegiatan apa saja. Sehingga jika banyak pertanyaan, mengapa saya sering merasa malas? Ya salah satunya karena kita terlalu sering untuk melamun.

3. Pikiran Kosong

Anda sepatut nya sudah berhati-hati terhadap dampak yang satu ini. Berhayal atau melamun secara mendalam tentunya akan membuat pikiran anda menjadi kosong. tentunya anda sudah tidak asing dengan perkataan “Jangan suka melamun, nanti bisa kesambet”, benar bukan?. Banyak contoh yang bisa kita lihat dari berita di televisi, banyak orang kesurupan karena pikiran mereka sedang kosong. maka dari itu isi lah setiap waktu luang anda dengan hal hal positif, jangan biarkan pikiran anda kosong.

4. Stress

Sama halnya dengan pikiran kosong, stress pun harus anda waspadai. Dengan melamun bisa mengakibatkan stress serta otak lelah untuk berpikir. Melamun wajar-wajar saja, asal jangan sampai berlebihan yang membuat otak dan pikiran kita menjadi stress.

Itulah beberapa dampak yang bisa ditimbulkan karena sering berhayal atau melamun. Maka dari itu jangan terlalu berlebihan lah dalam memikirkan sesuatu. Karena semua yang anda hayalkan tidak akan terwujud jika anda tidak pernah berusaha.

0 komentar