Inilah Alasan Kenapa Karbohidrat Sangat Dibutuhkan Oleh Tubuh

04.40
Alasan Kenapa Karbohidrat Sangat Dibutuhkan Oleh Tubuh

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa karbohidrat merupakan makanan yang menjadi sumber utama dari energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sejak kita duduk dibangku sekolah dasar biasanya kita pun sudah diberi pemahaman mengenai seberapa pentingnya kandungan-kandungan karbohidrat bagi tubuh. Nasi, Jagung, kentang, dan yang lainnya merupakan salah satu contoh kecil dari makanan yang mengandung karbohidrat. Masihkah anda ingat dengan pelajaran-pelajaran tersebut?

Karbohidrat masuk kedalam makronutrisi, yang mana tubuh membutuhkannya dalam jumlah yang lumayan besar. dalam beberapa penelitian mengungkapkan jika 45%-65% tubuh membutuhkan kalori yang berasal dari karbohidrat. Lalu kenapa sih karbohidrat bisa sangat dibutuhkan oleh tubuh? Apa yang membuat tubuh sangat membutuhkannya?. Tubuh kita membutuhkan banyak dari jumlah karbohidrat karena sebagai berikut :

Baca juga: Macam macam Olahraga Yang Dapat Meninggikan Badan Secara Cepat

Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh
  • Karbohidrat merupakan sumber terpenting untuk bahan bakar tubuh kita.
  • Karbohidrat merupakan sumber energi yang cukup mudah dikonsumsi oleh tubuh dan banyak juga dijumpai disekitar kita.
  • Karbohidrat jika memiliki kelebihan untuk tubuh maka akan disimpan pada otot serta hati. lalu akan digunakan kembali apabila setelah diolah menjadi glikogen.
  • Karbohidrat sangat membantu dalam meningkatkan kerja sistem saraf pusat, otak, otot, ginjal serta jantung supaya berfungsi dengan optimal.
  • Karbohidrat sangat berperan untuk menjaga kesehatan usus serta tubuh bagian dalam yang bekerja mengolah kotoran dalam tubuh.
  • Karbohidrat mengandung glukosa sebagai energi yang juga dibutuhkan oleh seluruh jaringan serta sel-sel dari dalam tubuh.
  • Karbohidrat cukup mudah kita jumpai. Karbohidrat banyak terdapat pada buah-buahan, susu, yogurt, biji bijian, dan makanan bertepung seperti kentang serta gandum.
Tahukah anda? Didalam setiap gram karbohidrat yang dikonsumsi itu mengandung sekitar empat kalori. Pada saat kita mengkonsumsi karbohidrat, maka enzim amilasi akan merubah karbohidrat menjadi glukosa, yang merupakan bahan bakar utama yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya segala aktivitas. Dan satu hal lagi yang perlu untuk anda ketahui bahwa, jika anda mengurangi atau membatasi dalam hal mengkonsumsi karbohidrat maka anda akan mendapati efek samping yang membuat tubuh untuk mencoba beradaptasi dan melengkapi segala bahan bakar dengan tiba-tiba. Hingga pada akhirnya kita bisa saja mengalami mual, lemah, depresi, pusing serta perubahan suasana hati.

Itulah sebab mengapa karbohidrat sangat penting bagi tubuh, maka dari itu janganlah sesekali untuk meninggalkan, mengurangi, atau membatasi kandungan karbohidrat. Pastikan anda mengkonsumsi karbohidrat setiap harinya.

0 komentar