Susah Tidur? Coba 7 Cara Ampuh Rekomendasi SehatQ.com Berikut


Mendiagnosa sendiri masalah kesehatan bisa berbahaya. Anda bisa mengidap penyakit serius dan tidak menyadarinya. Hal seperti susah tidur bisa jadi karena terlalu lelah atau terlalu banyak minum kopi, tapi bisa juga karena masalah lain. Ada banyak artikel kesehatan yang membahas masalah tidur dan solusinya. Untuk lebih pastinya tentu Anda harus berkonsultasi dengan dokter agar tidak melewatkan kemungkinan lainnya.

Solusi Susah Tidur dari SehatQ

Susah tidur artinya tubuh Anda bereaksi karena suatu atau beberapa hal. Coba beberapa solusi susah tidur dari SehatQ berikut ini. Bila masih terselesaikan juga, mungkin Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kesehatan secara menyeluruh. Sebelum itu, mari coba cara-cara mudah berikut.

1. Jadwal Tidur Teratur

Keteraturan bisa membuat tubuh terbiasa dengan suatu aktivitas yang dilakukan berulang-ulang secara konsisten. Coba untuk membuat jadwal tidur yang teratur sehingga Anda mendapatkan kualitas tidur yang optimal. Cara terbaik untuk mengatasi masalah tidur adalah memprogram tubuh untuk dapat tidur pada waktunya.

2. Lingkungan Tidur yang Nyaman

Susah tidur karena kamar yang tidak nyaman bisa membuat Anda susah tidur. Perhatikan pencahayaan, suara, dan kenyamanan dalam ruangan. Suhu kamar yang pas dapat membuat siapapun tidur dengan mudah. Hindari suara bising dengan memastikan jendela tertutup rapat. Berikan atmosfer yang rileks dan hening untuk dapat membantu Anda tertidur. Bila memungkinkan untuk pindah ruangan yang tidak terlalu bising, maka lakukanlah.

3. Hindari Begadang

Kebiasaan begadang dapat menyebabkan kesulitan tidur, bahkan bukan hanya pada waktu Anda begadang tapi hari-hari berikutnya. Berikan tubuh istirahat yang dibutuhkan dan sebisa mungkin menghindari begadang semalaman untuk bekerja atau sekedar bercengkrama dengan teman. Bila terpaksa begadang, tetap paksakan tidur diwaktu lain untuk mendapatkan total 7 jam yang dibutuhkan tubuh.

4. Berolahraga Teratur

Baik sekedar jalan santai atau jogging setiap hari, sudah cukup untuk membuat tubuh kembali bugar. Pada waktunya tidur, maka tubuh bisa lebih mudah tertidur. Berolahraga yang konsisten akan lebih berpengaruh untuk kualitas tidur dan kesehatan daripada olahraga yang intense namun hanya dilakukan sesekali saja.

5. Kurangi Kafein

Anda penyuka kopi? Ada baiknya mengurangi konsumsi kafein dari kopi bila mengalami masalah tidur. Susah tidur karena kafein bisa diatasi dengan menggantinya dengan minuman yang lain. Cobalah teh tawar hangat, air putih hangat atau susu hangat sebagai variasi. Selain membiasakan diri untuk tidak ketergantungan dengan kopi, Anda juga mengkondisikan diri agar lebih mudah terlelap pada waktunya tidur.

6. Jangan Merokok

Kopi dan rokok adalah dua hal yang sering orang lakukan kala begadang. Kala usia muda mungkin dianggap sebagai hal yang wajar, namun sebenarnya semua hal tersebut akan menyebabkan susah tidur. Pengaruh lainnya akan terasa di masa tua nanti. Jadi cobalah untuk mengurangi atau berhenti merokok sama sekali. Nikotin dan berbagai zat dalam sebatang rokok mempengaruhi alam bawah sadar mu untuk tertidur. Secara otomatis tubuh ingin terjaga dan sulit memejamkan mata.

7. Relaksasi Sebelum Tidur

Ingatkah Anda waktu kecil ada kebiasaan menggosok gigi, membaca dongen atau mendengarkan musik. Hal-hal tersebut merupakan stimulus yang mengkondisikan suasanan santai dan rilaks. Kita sering melupakannya beranjak dewasa. Coba lakukan saat Anda kesulitan tidur. Membaca buku, meditasi, berdoa, mandi dengan air hangat, adalah beberapa kegiatan relaksasi yang bisa Anda lakukan.

Kebiasaan sebelum, menjelang bahkan setelah tidur dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Oleh karena itu, coba beberapa cara mengatasi masalah susah tidur yang disarankan di atas. Bila kondisi tidak membaik, tentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Aplikasi SehatQ juga menyediakan layanan tanya dokter atau forum diskusi. Cari tahu penyebab serta solusinya.

Belum ada Komentar untuk "Susah Tidur? Coba 7 Cara Ampuh Rekomendasi SehatQ.com Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel