Baterai Laptop Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya

Baterai Laptop Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya

Merasa kalau akhir-akhir ini baterai laptop cepat habis? Persoalan seperti ini ternyata sering sekali dikeluhkan oleh para pengguna laptop. Makin lama kinerja laptop makin menurun dan jadi kurang efisien untuk dibawa bepergian. Pekerjaan di kantor, tugas sekolah, administrasi, kuliah, serta aktivitas lain yang memerlukan laptop jadi terhambat.

Padahal sebelumnya, perangkat elektronik tersebut sudah Anda isi baterai hingga penuh. Tapi baru beberapa menit dipakai, baterai sudah habis dan harus kembali diisi daya. Tentu saja, Anda bisa semakin kesal karena harus ke mana-mana membawa charger.

Belum lagi bila performanya makin hari makin menurun. Tapi apa Anda tahu apa yang sebenarnya menjadi penyebab permasalahan tersebut? Sebagian besar pengguna laptop kurang paham akan hal ini. Sehingga membeli laptop baru juga ujung-ujungnya akan mengalami masalah yang sama.

Mengenali Apa Saja Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Laptop yang sudah tidak baru lagi memang begitu rawan mengalami masalah pada daya baterai yang cepat habis. Salah satunya disebabkan karena terlalu sering dipakai sehingga performa baterainya menurun. Tapi ternyata, masalah ininjuga bisa disebabkan karena kondisi kesehatan perangkat yang bermasalah.

1. Digunakan Terlalu Lama

Tahukah Anda bila penggunaan laptop yang terlalu lama bisa berakibat buruk pada daya baterai? Lamanya penggunaan akan sangat mempengaruhi kondisi laptop, di mana aktivitas ini akan membuat perangkat jadi cepat panas. Misalnya saja ketika Anda menggunakan hingga berjam-jam atau seharian penuh hingga baterai habis.

Tidak bisa dielakkan jika kesalahan ini akan sangat mempengaruhi kesehatan komponen laptop, termasuk baterai. Sistem yang panas dan dibiarkan mengalami hal ini terlalu sering, pastinya akan membuat daya laptop semakin cepat terkuras.

2. Menyalakan Laptop Sambil Charge

Kebanyakan orang melakukan charge laptop sambil mengoperasikan atau menyalakannya dalam waktu lama. Bahkan tak jarang, beberapa diantara kita mungkin selalu menyalakan laptop yang dibarengi isi daya. Inilah kesalahan lain yang juga menjadi penyebab baterai laptop cepat habis.

Meski terkesan sepele, tetapi melakukannya secara terus-terusan sudah pasti akan menyebabkan masalah yang berkaitan dengan performa perangkat. Mengisi sambil digunakan akan membuat perangkat kembali menghabiskan daya yang diisi tersebut.

Alhasil, daya pada baterai tidak akan bisa terisi hingga penuh karena langsung dipakai. Jarang disadari, tetapi pemborosan baterai juga disebabkan oleh hal ini. Begitu pula dengan masa pemakaian baterai yang cenderung singkat dan hanya bertahan beberapa bulan saja.

3. Aktivitas Laptop Terlalu Berat

Sama halnya seperti manusia, laptop yang bekerja terlalu keras juga akan mengalami kelelahan. Apalagi jika spesifikasi yang dimiliki terlalu rendah dan tidak sesuai dengan pemakaian. Ketahuilah bahwa pemakaian laptop sudah seharusnya dijalankan sesuai spesifikasi bawaan nya.

Sangat disarankan menggunakan laptop dengan spesifikasi tinggi untuk pekerjaan berat. Meski spesifikasi rendah tetap bisa digunakan, tetapi terlalu memaksakan justru akan membuat komponen lainnya menjadi mudah rusak. Salah satunya yaitu baterai yang terlalu cepat panas dan menurunkan kualitas baterai laptop.

4. Penggunaan Internet

Menghubungkan laptop di internet juga menjadi alasan lain mengapa baterai cepat habis. Terlebih bila jaringan internet tidak stabil, sehingga laptop bekerja ekstra untuk mengatasinya. Ada baiknya Anda menghentikan koneksi internet ke laptop jika tidak digunakan atau sinyal buruk.

Mengetahui apa saja penyebab baterai laptop cepat habis akan memudahkan Anda dalam mengatasi masalah yang muncul. Baik itu melakukan pemeliharaan yang tepat atau melakukan perbaikan perangkat. DomaiNesia menyarankan Anda agar jangan lupa merawat laptop dengan baik ketika digunakan.

Belum ada Komentar untuk "Baterai Laptop Cepat Habis? Mungkin Ini Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel