Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Roti Buaya di Bekasi Lebih Mudah

Pesan Roti Buaya di Bekasi Lebih Mudah

Pada setiap daerah di Indonesia umumnya memiliki kuliner khasnya masing-masing. Salah satunya adalah roti buaya yang selalu ada pada adat pernikahan Betawi. Meski menjadi makanan hantaran khas pada pernikahan Betawi, Anda juga bisa pesan roti buaya di Bekasi maupun kota lainnya.

Kenapa harus roti buaya yang menjadi hantaran pada adat pernikahan Betawi? Rupanya roti buaya memiliki simbol kesetiaan. Pada realitanya, buaya adalah hewan yang setia sebab hanya kawin dengan satu betina saja. Maka dari itu, tak heran jika roti buaya menjadi simbol kesetiaan pada pernikahan adat Betawi. Selain itu, makna lain yang terkandung pada roti buaya adalah kestabilan ekonomi serta kesabaran.

Pesan Roti Buaya Di Bekasi Serta Sejarahnya

Sejarah roti buaya bisa hadir dalam pernikahan adat Betawi rupanya tak jauh dari adanya pengaruh bangsa Eropa yang datang ke Indonesia. Apabila orang eropa sering kali menunjukkan cintanya pada kekasih dengan memberikan bunga, maka masyaraka Betawi saat itu memerlukan simbol lain untuk menyatakan cinta.

Maka dipilihlah roti berbentuk buaya sebagai simbol cinta. Hal ini disebabkan karena perilaku hewan buaya yang hanya kawin sekali seumur hidupnya. Maka keyakinan ini turun temurun ada pada masyarakat Betawi. Roti buaya dibuat sepasang dimana betinanya disimbolkan dengan roti buaya kecil sedangkan yang jantan berukuran lebih besar.

Buaya betina diletakkan di atas atau disamping roti buaya besar, sebagai makna kesetaan rumah tangga hingga beranak cucu nantinya. Pada mulanya, roti buaya ini dibuat dengan tekstur yang sangat keras lalu dibiarkan begitu saja hingga roti membusuk. Hal ini memiliki makna bahwa pasangan yang menikah terus langgeng sampai akhir hayat.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kini kue buaya dibuat lebih empuk dan lembut sehingga bisa dimakan. Apalagi, ini roti buaya juga dibagi-bagikan pada sanak saudara yang belum menikah. Sehingga harapannya bisa segera menyusul untuk membangun bahtera rumah tangga.

Nah itu tadi sejarah mengenai roti buaya dalam pernikahan adat Betawi. Apabila Anda ingin menikmati roti buaya ini, Anda juga bisa pesan roti buaya di Bekasi pada pesanrotibuaya.com.

Posting Komentar untuk "Pesan Roti Buaya di Bekasi Lebih Mudah"